/scr

Jumat, 31 Desember 2010

Tugas SIMDAK


Uas Sistem Informasi Manajemen Dakwan

Ayang dimaksud dengan data base, Data Base (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record.

Beberapa aplikasi untuk pembuatan data base! Jelaskan keunggulan dan kelemahannya!, Adapun Struktur Database adalah:
·         Database
·         File/Table
·         Record
Elemen data/FieldDari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu :
·         Bersifat data oriented dan bukan program oriented.
·         Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya.
·         Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya.
·         Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah
·         Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.
Prinsip utama Data Base adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan pada saat pengambilan data kembali. Adapun ciri-ciri basis data diantaranya adalah sebagai berikut :
·         Efisiensi meliputi kecepatan, ukuran, dan ketepatan
·         Data dalam jumlah besar.
·         Berbagi Pakai (dipakai bersama sama/Sharebility).
·         Mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya duplikasi dan ketidak konsistenan data.
Setiap database memiliki kelebihan dan kekurangan, dari muali yang gratis sampai dengan yang berbayar diantaranya adalah :
MySQL :
  • Logonya Ikan
  • mempunyai karakter lincah dan cepat.
  • semakin dalam semakin asyik
  • ringan gerakannya
PostGre:
  • Logonya Gajah
  • mencerminkan kekuatan database dengan segudang fungsi yang dibawa
  • Jalanya lemot tidak selincah ikan
FireBird:
  • Logonya Burung Api
  • mudah terbang ke mana mana datanya (bisa di hardisk, bisa di flashdisk)
  • Jika bermain-main dengan api harus hati hati kalo terjadi kerusakan pada satu table akan rusak semua karena dalam satu file.
Oracle:
  • Orang jawa bilang ORAKEL
  • belajarnya jadi (Ora KELar KELar) alias gak selesai selesai karena sulit
  • sulit mendapatkan software karena mahal
  • sulit belajarnya juga
Kelebihan- Kelebihan My SQL
·         Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows, MacOS dll.
·         Dapat dikoneksikan pada bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
·         Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.
·         Mendukung penuh terhadap kalimat SQL GROUP BY dan ORDER BY. Mendukung terhadap fungsi penuh (COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG ( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( ) ).
·         Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
·         Mendukung ODBC for Windows 95 (dengan source program). Semua fungsi ODBC 2.5 dan sebagainya. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.
·         Menggunakn GNU automake, autoconf, dan LIBTOOL untuk portabilitas.
·         Kita dapat menggabungkan beberapa table dari database yang berbeda dalam query yang sama.
·         Ditulis dengan menggunakan bahasa C dan C++. Diuji oleh compiler yang sangat jauh berbeda.
·         Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengujinkan ‘Host-Based’ Verifikasi


Kekurangan My SQL 
  • Untuk koneksi ke bahasa pemrograman visual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi ini menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visual tersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
  • Data yang ditangani belum begitu besar
·         Sistem pengambilan keputusan

Penjelasan tentang sistem pengambilan keputusan!, dan ada beberapa sistem pendukung sistem penganbilan keputusan:
1.      Sistem pendukung pengambilan keputusan (decission support system/ DSS) adalah sistem berbasis komputer yang interaktif yang membantu pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk menyelesaikan masalah yang tidak  terstruktur.
2.      Sistem kelompok pendukung pengambilan keputusan (group decission support system/ GDSS) adalah merupakan sistem berbasis komputer yang interaktif untuk memudahkan pencapaian solusi oleh sekelompok pengambilan keputusan atas permasalahan yang sifatnya tidak tersrtruktur, GDSS dikembangkan untuk menjawab tantangan terhadap kualitas dan efektifitas pengambilan keputusan yang dilakukan oleh lebih dari satu orang (kelompok orang)
3.      Sistem pendukung pengambilan keputusan eksekutif (executive support system/ ESS). Sistem ini memberikan akses cepat atas informasi dan laporan manajemen. Di sisi lain ESS adalah sistem pendukung komprehensif yang mempunyai ke lokasi dan faktor penghambat dapat segera diidentifikasi.
4.      Sistem pakar (expert system/ES), sistem ini merupakan paket komputer untuk memecahkan atau mengambil keputusan atas suatu masalah spesifik atau terbatas, yang kemampuan pemecahannya dapat sama atau melebihi suatu tingkat kemampuan seorang pakar ide dasar dibalik ES, yang merupakan teknologi intelegensia buatan terapan, sebenarnya sederhana yaitu memindahkan keahlian seorang atau beberrapa orang pakar ke komputer.

Apa urgrensi sistem informasi manajemen dakwah bagi organisasi dakwah? Jelaskan!
·         Sisten informasi merupakan sarana dan alat untuk menggambarkan secara factual mengenai kondisi dan situasi internal maupun eksternal organisasi dakwah
·         System informasi membantu untuk memaksimalkan setiap fungsi- fungsi atau bidang manajemen organisasi dakwah
·         SIM membantu organisasi dawah untuk melaksanakan kegiatan dakwah yang objektif dan tidak kaku.
Penjelasan tentang perancangan sistem informasi!, Perancangan sistem informasi merupakan pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.
Sekarang dibahas:
-          Siklus hidup
-          Analisis Perancangan

Perancangan sistem informasi

Perancangan sistem informasi merupakan pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.
Sekarang dibahas:
-          Siklus hidup
-          Analisis perancangan
Siklus hidup pengembangan sistem informasi (system development life cycles - sdlc)
Secara konseptual siklus pengembangan sebuah sistem informasi adalah sbb:
1)   Analisis sistem: menganalisis dan mendefinisikan masalah dan kemungkinan solusinya untuk sistem informasi dan proses organisasi.
2)   Perancangan sistem: merancang output, input, struktur file, program, prosedur, perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem informasi
3)   Pembangunan dan testing sistem: membangun perangkat lunak yang diperlukan untuk mendukung sistem dan melakukan testing secara akurat. Melakukan instalasi dan testing terhadap perangkat keras dan mengoperasikan perangkat lunak
4)   Implementasi sistem: beralih dari sistem lama ke sistem baru, melakukan pelatihan dan panduan seperlunya.
5)   Operasi dan perawatan: mendukung operasi sistem informasi dan melakukan perubahan atau tambahan fasilitas.
6)   Evaluasi sistem: mengevaluasi sejauih mana sistem telah dibangun dan seberapa bagus sistem telah dioperasikan.
Siklus tersebut berlangsung secara berulang-ulang. Siklus di atas merupakan model klasik dari pengembangan sistem informasi. Model-model baru, seperti prototyping, spiral, 4gt dan kombinasi dikembangkan dari model klasik di atas.

Analisis sistem

Alasan pentingnya mengawali analisis sistem:
1)      Problem-solving: sistem lama tidak berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu analisis diperlukan untuk memperbaiki sistem sehingga dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan.
2)      Kebutuhan baru: adanya kebutuhan baru dalam organisasi atau lingkungan sehingga diperlukan adanya modifikasi atau tambahan sistem informasi untuk mendukung organisasi.
3)      Mengimplementasikan ide atau teknologi baru.
4)      Meningkatkan performansi sistem secara keseluruhan.

Bagaimana cara mengolah sebuah sistem informasi? Jelaskan!
1.      Melindungi Data, belakangan ini ketidakamanan penggunaan Sistem Informasi berbasis komputer bertambah dengan munculnya hecker dan virus. Hecker adalah orang yang dapat mengakses sistem informasi secara ilegal dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan kejahatan, sedangkan Virus adalah program komputer yang dapat menyebar dengan cepat dari satu komputer ke komputer lain. Virus akan merusak merusak data atau program komputer sehingga merusak proses kerja komputer. Virus seringkali sulit untuk dideteksi, bahkan dengan sofware antivirus sekalipun.
2.      Keamanan Data Rahasia, pengendalian atas implementasi yaitu merupakan pemeriksaan atas proses pengembangan dari semua poin pengendalian untuk meyakinkan bahwa proses benar-benar terkendali dan dikelola dengan baik. Pengendalian Umum yaitu mengontrol rancangan, keamanan dan penggunaan komputer serta keamanan dari file-file data organisasi secara umum. Pengendalian Aplikasi yaitu merupakan pengendalian khusus bagi setiap aplikasi komputer. Pengendalian atas perangkat Lunak (software) bertujuan untuk menjamin keamanan dan kelayakan dari software yang digunakan.
3.      Pemeriksaan Sistem Informasi Manajemen yaitu menentukan semua pengendalian yang mengatur Sistem Informasi itu sendiri dan efektivitasnya.

Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen dakwah? Jelaskan!
Pengertian sistem:
Istilah sistem merupakan istilah dari bahasa yunani “system” yang artinya adalah himpunan bagian atau unsur yang saling berhubungan secara teratur untuk mencapai tujuan bersama.
Pengertian sistem menurut sejumlah para ahli :
·         L. James Havery
Menurutnya sistem adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
·         John Mc Manama
Menurutnya sistem adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan secara efektif dan efesien.
·         C.W. Churchman.
Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang dikoordinasikan untuk melaksanakan seperangkat tujuan.
·         J.C. Hinggins
 sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.


·         Edgar F Huse dan James L. Bowdict
Menurutnya sistem adalah suatu seri atau rangkaian bagian-bagian yang saling berhubungan dan bergantung sedemikian rupa sehingga interaksi dan saling pengaruh dari satu bagian akan mempengaruhi keseluruhan.
Pengertian informasi:
Menurut H.M. Yogianto dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur pengertian informasi sebagai berikut:
“informasi merupakan data yang telah diproses ke dalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mempunyai nilai nyata serta terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan yang akan datang.”
Gordon B. Davis dalam bukunya yang berjudul Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen memberikan pengertian informasi sebagai berikut:
”Informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berguna dan nyata atau berupa nilai yang dapat dipahami dalam keputusan sekarang  maupun yang akan datang.”
Informasi yang berkualitas ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :
1)      Akurat (Accurate)
Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan, jelas maksudnya karena pada saat penyampaian dari pengirim ke penerima kemungkinan terjadi banyak gangguan (noise) dapat mengubah atau merusak informasi.
2)      Tepat waktu (Timeliness)
Informasi datang ke penerima tidak boleh terlambat.
3)      Relevan (Relevance)
Informasi yang diterima harus bermanfaat.
4)      Lengkap
Informasi yang dibutuhkan semuanya tersedia dan tidak ada sedikitpun informasi yang tertinggal.
5.Mengurangi ketidakpastian
Informasi yang diterima bisa memberikan kepastian dari beberapa kemungkinan
pengertian manajemen menurut beberapa ahli :
1)      Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan daripada sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Drs. Oey Liang Lee)
2)      Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi tang telah ditetapkan. ( James A.F. Stoner)
3)      Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. ( R. Terry )
4)      Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.( Lawrence A. Appley)
5)      Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. ( Horold Koontz dan Cyril O’donnel )
Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya”
(Abdul Kadir 2002), mendefinisikan sistem informasi manajemen (SIM) adalah sistem informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi Manajemen yaitu serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi dan secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan.
Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Para pemakai biasanya membentuk suatu entitas organisasi formal, perusahaan atau sub unit dibawahnya. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan ouput dari model matematika. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah.
System Informasi Manajemen Dakwah menurut Robert G. Mudrick dan Joel E. Ross dalam bukunya adalah proses komunikasi dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan dan diproses untuk menghasilkan output yang berupa keputusan tentang perencanaan, pengoprasian, dan pengawasan.
Apa  manfaat sistem informasi manajemen buat para manajer dan para dai?, Manfaat system informasi untuk para manajer ataupun para dai:
·         System informasi merupakan pendukung dalam melaksanakan aktivitas para dai dan fungsi manakemen
·         System informasi juga mampu mengubah bentuk organisasi, mampu mengubah dalam cara beroperasi.
Penjelasan:
a.      Protokol
b.      Jaringan optik
c.       Bandhwith
Jawaban:
a.       Protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi. Elemen-elemen penting daripada protokol adalah : syntax, semantics dan timing. Protokol jaringan adalah aturan-aturan atau tatacara yang digunakan dalam melaksanakan pertukaran data dalam sebuah jaringan. Protokol mengurusi segala hal dalam komunikasi data, mulai dari kemungkinan perbedaan format data yang dipertukarkan hingga ke masalah koneksi listrik dalam jaringan. Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antar entiti atau perangkat yang berlainan sistemnya. Entiti atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim. Untuk berkomunikasi mengirim dan menerima antara dua entiti dibutuhkan saling-pengertian di antara kedua belah pihak. Pengertian inilah yang dikatakan sebagai protokol. Jadi protokol adalah himpunan aturan- aturan main yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan bagaimana dan kapan terjadinya komunikasi. Elemen-elemen penting daripada protokol adalah : syntax, semantics dan timing.
b.      Bandwidth (disebut juga Data Transfer atau Site Traffic) adalah data yang keluar+masuk/upload+download ke account anda. Bandwidth / Lebar pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth diartikan juga sebagai takaran jarak frekuensi. Dalam bahasa mudahnya, adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang keluar. Dalam dunia hosting, kita di berikan jatah Bandwidth setiap bulan tergantung seberapa dalam kita merogoh kocek. Habisnya Bandwidth ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses, maka makin berkurang jatah Bandwidth yang diberikan. Misalkan, www.namasitus.com diberi jatah Bandwidth sebesar 1,5 Giga dalam sebulan. Dan sudah sejak bulan Desember rasanya jatah Bandwidth yang diberikan kurang. Pada bulan Desember, jatah Bandwidth habis sehari sebelum tahun baru. Dan berturut-turut bulan Januari, Februari, Maret dan April habis dalam 3 minggu. Otomatis, dalam seminggu terakhir didats.net tidak bisa diakses.
Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.
Dikenal juga dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi. Satuan yang digunakan Hertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital.

Apa yang dimaksud dengan internet dan world wide web? Bagaimana cara keduanya mengubah peran yang dijalankan oleh sistem informasi dalam organisasi?
Pengertian Internet Internet (inter-network)dapat diartikan jaringan computer luas yang menghubungkan pemakai computer satu computer dengan computer lainnya dan dapat berhubungan dengan computer dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia ,dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi Fasilitas layanan internet Browsing atau surfing Yaitu kegiatan “berselancar” di internet .kegiatan ini dapat di analogikan layaknya berjalan –jalan di mal sambil melihat –lihat ke took-tokotanpa membeli apapun. Elektronik mail(E-mail) Fasilitas ini digunakan untuk berkirim surat /dengan orajng lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruang bahkan birokrasi Searching Yaitu kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet Catting fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet.pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di internet world wide web(WWW) dengan world wide web(WWW) ini anda dapat mengambil, memformat ,dan menampilkan informasi (termasuk teks ,audio, grafik dan video) dengan menggunakan hypertekxt links Mailing list Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail.mailing list ini digunakan untuk bertukar infomasi ,pendapat dan lain sebagainya .
Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

Apa tujuan sistem informasi dalam perspektif dakwah? Penerapam apa yang dijalankannya dalam rantai nilai informasi dakwah?
Tujuan SIM adalah Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian serta dalam pengambilan keputusan. Pada dasarnya sistem informasi manajemen ialah berhubungan dengan laporan di masa datang. Lain dengan sitem informasi akuntansi yang lebih menekankan pada laporan masa lalu. Contoh pengambilan keputusan seperti suatu perusahaan yang memperkirakan keadaan ekonomi di masa datang. Apabila keadaan ekonomi makin memburuk maka dampak masayarakat terhadap daya beli juga menurun. Hal ini membuat manajer perusahaan harus berpikir bagaimana mengatur biaya-biaya produksi yang harus dikeluarkan. Apabila perusahaan menjual barang maka harus dipikirkan berapa harga barang yang dapat ditawarkan serta berapa harga perolehan yang harus diperkirakan. Sehingga peranan manajer disini sangat besar dalam mengambil keputusan manajemen bagi perusahaan.
Definisikan dan jelaskan  piranti lunak open source dan linux. Apa manfaatnya bagi dunia dakwah?
Open source software adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka/membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Dan yang menarik dan salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi. Biasanya orang mendapatkan software ini dari internet. Salah satu open source software yang terkenal yaitu Linux.
Linux sebagai sistem operasi dengan menyusul pembangunan sebagai 'bebas' perangkat lunak open source, yang telah meningkatkan popularitas dan permintaan antara rumah dan perusahaan perangkat lunak komputer user. Dengan affordance yang penuh fungsi komputer desktop solusi Linux adalah membuktikan untuk menjadi besar persaingan dengan Microsoft Windows dan Apple Macintosh sistem operasi.

Apa kegunaan dari kebijakan informasi dan administrasi data di dalam manajemen informasi?
Saat ini informasi bukan lagi semata-mata entitas kebendaan. Penggunaan informasi dalam berbagai bentuk sudah merata di segala lapisan kehidupan, sehingga akhirnya sebuah masyarakat perlu melakukan pengaturan atau regulasi yang berkaitan dengan informasi. Dari sini lah muncul keperluan akan kebijakan informasi (information policy)
Menurut Hernon dan Relyea (2003), kebijakan informasi adalah:
... a set of interrelated principles, laws, guidelines, rules, regulations, and procedures guiding the oversight and management of the information lifecycle: the production, collection, distribution/dissemination, retrieval and use, and retirement, including preservation, of information. Information policy also embracess access to, and use of, information and records; records relate to the conduct of government business and provide an audit trail for holding government accountable. Colectively, policies form a framework that profoundly affects the manner in which an individual in a society, indeed a society itself, makes political, economic, and social choices.




Referensi
Soedrajat Soegito. (2003) sistem informasi manajemen, penerbitan Universitas
Terbuka, Jakarta
Firman B. Aji, PDE Perencanaan dan Evaluasi, Bumi Aksara
http://manajemendakwah-iainsu-medan.blogspot.com/2010/07/sistem-informasi-manajemen-dakwah-bahan.html
http://blog.math.uny.ac.id/yeyenjuniasih/2009/10/01/perkembangan-teknologi-informasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar